Running Mikrotik Router OS di GNS 3 via Virtual Box

Posted: 27/02/2016 in Networking
Tags:

Hallo sobat Netter..

Akhirnya ada waktu lagi buat posting lagi…setelah beberapa bulan belakangan masih sibuk sama tugas dan kerjaan #padahal mah males haha….Ok abaikan aja lah alasan saya yang satu itu…  😆   . Di postingan kali ini kita akan membahas tentang cara mengemulasikan mikrotik di GNS3 ,tapi tidak melalui qemu yang ada di GNS3,kali ini kita akan mencoba melalui virtualbox.Kenapa saya membuat postingan ini ? pasti sobat semua gak tau kan,sama saya juga gak tau alasannya apa 😆   .Sebenarnya postingan ini terinpirasi ketika praktik mata kuliah JARKOM,tau kan sob JARKOM …? itu loh janda di warung pojok (Ceu KOKOM) 😆

Jadi ketika praktik jaringan komputer menggunakan emulator GNS3 dari beberapa teman di kelas, ketika memasukan software image mikrotik baik yang udah di konvert ke format img ataupun .ISO banyak yang tidak bisa running, termasuk punya saya juga tidak bisa running, akhirnya saya coba running lewat virtualbox,setelah dicoba coba alhasil bisa juga running mikrotiknya…Nah dari situlah tergerak membagikan ilmu yang sedikit ini untuk sobat netter yang mungkin mengalami hal yang sama dengan saya… 😥

Ok sob lets begin…follow the intruction below…

1.Buat dulu virtual machine di virtualbox ,saya asumsikan sudah bisa semua ya cara membuat virtual machine (VM) di virtual box..

atau kalo ada yang belum tahu bisa di lihat di postingan saya  disini sekaligus cara install mikrotik router OS nya.

2.Setelah mikrotik router OS sudah dibuat di virtual box ,sobat tinggal buka GNS3 nya

berikut penampakannya dari GNS3, oh iya yang saya pake GNS3 versi 1.3 ya sob di Linux.

Screenshot from 2016-02-27 21:34:37

3.Setelah terbuka GNS3 nya klik edit –>prefeerence maka akan muncul seperti gambar berikut:

Screenshot from 2016-02-27 21:41:27

pada gambar di atas ada yang sudah saya buat,kalau mau mengedit yang sudah ada tinggal klik edit,disini kita asumsikan kita akan membuat baru ,jadi sobat tinggal pilih VirtualBox VMs di sebelah kiri layar —>kemudian klik New, maka akan muncul tampilah sebagai beikut:

Screenshot from 2016-02-27 21:39:12

di dropdown VM List akan menampilkan VM yang sudah kita buat di virtualbox.

pilih salah satu VM yang akan kita emulasikan,tentunya di kasus ini kita pilih mikrotik ya..sesuai judul diatas kemudian klik finish ok….

Selesai sudah…singkat bukan tinggal sobat coba running mikrotiknya..

saya asumsikan sudah bisa ya…hanya tinggal create project di GNS3 –>lalu drag and drop mikrotik yang tadi sobat buat….

kalo udah berhasil langkah selanjutnya …sobat tinggal  cuci muka terus cuci kaki tidur…  😆

eh iya lupa ,selamat malam minggu bagi yang menjalankannya….saya sih no…#antipacaran langsung nikah aja…  😆 #baper…

Abaikan aja ya sob yang gak pentingnya …

SELAMAT MALAM ………Selamat Mencoba….

Semoga bermanfaat tutorial singkat ini…..

“Tetaplah merasa bodoh biar kita tetap belajar…..Jangan lupa bagiin lagi kalo udah bisa  haha….”

Leave a comment